Banner_Header

Cara Mengatasi Kulit Gelap Setelah Seharian Beraktifitas


Ketika seseorang harus banyak beraktivitas di luar ruangan, kulit akan terkena dampak langsung dari paparan sinar matahari. Efeknya yang paling jelas adalah kulit akan jadi lebih gelap.

Dijelaskan oleh dr Radityo Anugrah, SpKK, dari Bamed Skin Care bahwa kulit orang Asia pada umumnya memang lebih mudah untuk menggelap bila terpapar sinar matahari seharian. Oleh sebab itu untuk mengatasinya ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan.



"Kalau orang kita kena matahari sedikit kulitnya memang menggelap. Kalau orang bule enggak akan jadi pigmen sama sekali dia tapi bakal sunburn (kulit terbakar -red)," kata dr Radityo detikHealth pada Minggu (10/1/2016).

Tindakan pertama yang disarankan dr Radityo adalah pencegahan dengan menggunakan alat bantu seperti payung atau pakaian yang melindungi kulit tubuh dari paparan langsung. Selanjutnya bisa juga dengan menggunakan krim tabir surya untuk meminimalkan penggelapan yang mungkin terjadi.

"Pencegahan dari dalam juga enggak kalah penting misalnya dengan konsumsi antioksidan vitamin C. Jadi pigmen kan formatnya ada gradasi, dengan konsumsi antioksidan produksi pigmennya itu enggak jadi terlalu gelap," papar dr Radityo.

Bila kulit sudah terlanjur menggelap, maka ada krim pemutih yang bisa dipakai. Krim umumnya bekerja dengan mengikis lapisan kulit terluar dan dr Radityo mengingatkan bahwa pemakaiannya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Cara yang aman untuk mendapatkan kembali warna kulit setelah alami penggelapan adalah dengan membiarkan kulit melakukan siklus regenerasinya sendiri. Biasanya siklus ini terjadi setiap dua minggu sekali.

[HA/Buletin Islami]

loading...
error: Content is protected !!