Banner_Header

Subhanallah... Ada Masjid Unik dengan Arsitektur Modern Berdiri Megah di Tengah Kota Tua Koln Jerman

BuletinIslami.Com - Sebuah masjid unik berdiri megah di tengah kota tua Koln (Cologne), Jerman. Masjid ini tepatnya berlokasi di wilayah Ehrenfeld, Koln, yang kini menjadi pusat kegiatan dan kebudayaan Islam di negara bagian Nordrhein-Westfalen, Jerman.

Masjid unik di tengah kota tua Koln Jerman ini juga menjadi simbol modernisme dan keterbukaan masyarakat Jerman terhadap perkembangan Islam. Masjid dengan nama Cologne Central Mosque ini oleh masyarakat Jerman disebut DITIB-Zentralmoschee Koln. Sedangkan komunitas muslim Turki di Jerman menyebutnya dengan Merkez Camil.

Foto-foto Masjid Unik nan Megah di Tengah Kota Tua Koln Jerman
Masjid Raya Koln (Central Cologne Mosque)

Bangunan ini adalah sebuah masjid baru yang dibina oleh komunitas warga Turki, Diyanet işleri Turk Islam Birliği (DITIB) di Koln. Kompleks masjid ini berdiri megah dengan halaman yang terbuka. Luasnya 4,500 meter persegi mampu menampung kurang lebih 4,000 jamaah dan masjid Koln ini selesai direnovasi pada 2011.

Desain Unik Arsitektur Modern Masjid Raya Koln


Masjid Raya Koln Sebelum Direnovasi

Desain dinding masjid ini berlapis mirip cangkang kerang. Ditengah dinding-dinding ini ada kubah kaca dengan ketinggian mencapai 35 meter yang dibuat menyerupai bola dunia sehingga bagian dalam masjid dapat dilihat dari luar.

Masjid Raya Koln Tampak dari Atas

Bangunan masjid ini juga dilengkapi dengan dua menara setinggi 55 meter dan didominasi warna putih.

Menara Masjid Raya Koln

"Ruang shalatnya sangat terbuka dan kita membuat ruang persegi yang luas ini, yang mengundang orang dari semua agama", kata Paul Bohm sang arsitek.

Ini merupakan sebuah rancangan desian yang bertujuan untuk menyampaikan pesan keterbukaan dan suatu undangan bagi masyarakat Jerman untuk melihat ke dalam.

Masjid Raya Koln

Sebuah kolam diletakkan di tengah halaman, untuk menciptakan suasana yang asri dan menyenangkan. Di area masjid juga ada restoran, bilik serba guna, dan kedai yang terbuka bagi masyarakat umum.

BACA JUGA! Kisah Perjuangan Mualaf Jerman, Pierre Vodel, Membela Kebenaran Islam di tengah Masyarakat yang Anti Islam...

Dahulu kala, pada masa Perang Dunia II kota Koln terkena gempuran bom yang sangat hebat hingga menghancurkan bangunan-bangunan seni dan cagar budaya. Sejak saat itu, perkembangan seni dan budaya tidak begitu pesat. Pembangunan Masjid Raya Koln ini menjadi kontribusi besar dalam perkembangan budaya di kota Koln, karena selain menyerap unsur modern arsitektur Masjid Raya Koln ini juga mengandung nilai seni dan budaya lokal setempat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

[ES/BuletinIslami]

loading...
error: Content is protected !!