Banner_Header

Tahukah Anda?... Inilah 4 Hikmah dan Faedah Puasa yang Tidak Kita Sadari

BuletinIslami.Com - Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim setahun sekali pada bulan Ramadhan. Secara istilah puasa adalah menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan, minum, dan melakukan hubungan badan suami-istri (s*ks). Syariat puasa tidak hanya diperintahkan kepada umat nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam semata, namun juga pada umat-umat terdahulu. Puasa tidak sekedar sebuah kewajiban, ternyata ada banyak hikmah dan faedah di balik Puasa.

MasyaAllah... Inilah 4 Hikmah dan Faedah Puasa yang Tidak Kita Sadari
Puasa Ramadhan (source: iluvislam.com)

Dalam puasa terdapat hikmah dan faedah, 4 di antaranya yaitu :

1. Bahwasanya apabila perut seseorang lapar, maka rasa lapar indra yang lain terhalangi, dan apabila perutnya kenyang, maka akan laparlah lisan, mata, tangan dan kemaluannya (nafsu seksnya).

Jadi, puasa itu dapat mematahkan rongrongan setan dan melumpuhkan syahwat dan menjaga anggota tubuh.

2. Sesungguhnya apabila orang yang berpuasa itu merasakan penderitaan lapar, maka ia akan merasakan pula penderitaan orang-orang fakir, maka akan timbullah rasa belas kasih dan uluran tangan untuk menutup kebutuhan mereka; karena sebagaimana pepatah mengatakan,

“Berita itu tidak seperti dengan apa yang kita lihat dengan mata kepala kita sendiri” dan “orang yang naik kendaraan itu tidak akan mengetahui sengsaranya pejalan kaki kecuali apabila ia jalan kaki.”

3. Sesungguhnya puasa dapat mendidik dan menumbuhkan kemauan menghindarkan dari hawa nafsu dan jauh dari kemaksiatan, karena di waktu berpuasa kita dapat memaksa tabi’at kita dan menyapih nafsu dari kebiasaan-kebiasaannya.

4. Puasa juga membiasakan kita berdisiplin dan tepat waktu, yang mampu menanggulangi keteledoran banyak orang jikalau mereka berakal.

Hikmah dan Faedah Puasa Ramadhan
Poster Puasa Ramadhan (source: kuliahbisa.com)

(Dikutip dari kitab “Sab’una Mas-alatan Fii ash-Shiyam”, hal.12, karya asy Syaikh Muhammad bin Shaleh al-Munajjid)

Wallahu a'lam bishawab

Sumber: FB Hendrizal Al Pariamany
loading...
error: Content is protected !!