Banner_Header

Ingin Dimudahkan Pergi Haji? Coba Amalkan Doa Berikut


Porsi Haji Jakarta Surabaya Medan
Dalam ajaran agama Islam, mengunjungi Baitullah dalam rangka menunaikan ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima. Setiap tahun, calon jamaah yang mendaftarkan diri untuk berangkat haji selalu bertambah, sementara jumlah kuota yang tersedia selalu tidak bisa memenuhi tingginya angka dan jumlah jamaah yang ingin menunaikan ibadah haji.

 Doa Dilancarkan Haji 

Maka tak mengherankan kalau kita harus melewati masa tunggu yang cukup lama, bahkan ada yang sampai belasan tahun. Sebagai hamba Allah yang baik, sudah selayaknya kita harus bersabar ketika mendapati masa tunggu yang cukup lama ini. Terkadang ada saja hal-hal kecil yang mewarnai setiap perjalanan kita menuju Tanah Suci, termasuk proses menunggu ini.
Berhaji memang perkara yang mudah tapi sulit. Tidak apa, nikmati saja prosesnya, anggap semua hal yang terjadi adalah bagian dari “latihan” bersabar. Selain bersabar, apa saja sih ikhtiar yang bisa lakukan agar dimudahkan dalam melakukan perjalanan spiritual ini? Ya, tentu saja berdoa.
Berdoa dan memohon kepada Allah agar kita senantiasa diberi kemudahan dalam menunaikan rukun Islam yang terakhir itu. Nah, salah satu ayat suci Alquran yang berisi permohonan agar dimudahkan dalam menunaikan ibadah haji adalah Surat Al-Baqarah ayat 128 yang artinya:

“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”
Atau

اَللَّهُمَّ الرْزُقْنَا زِيَارَةَ بَيْتِكَ اَلْمُعَظَّمْ وَرَسُوْلِكَ اَلْمُكَرَّمْ فِى هَذَا الْعَامْ وَفِى كُلِّ عَامْ بِاَحْسَنِالْحَالْ

Artinya:
“Ya Allah, berilah karunia-Mu untuk mengunjungi rumah-Mu yang agung dan Rasul-Mu yang mulia, di tahun ini dan setiap tahun, dengan keadaan sebaik-baiknya.”
Selain rutin memanjatkan doa di atas, amalan lain yang bisa mempermudah kita mengunjungi Tanah Suci adalah membaca selawat. Selawat ini bernama Selawat Hajiyyah dan berisi permohonan agar kita disegerakan dan dimampukan untuk menunaikan ibadah haji ke Mekah al-Mukarramah.
Selain rutin memanjatkan doa, amalan lain yang insya Allah bisa mempermudah kita mengunjungi Tanah Suci adalah membaca selawat

Paket Umroh Desember Jakarta
Doa Haji dan Umroh

Seperti apa Selawat Hajiyyah itu?

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ ، وَزِيَارَةِ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ اَفْضَلُ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ فِي لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ ، وَعَلَي آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ


Artinya:
“Ya Allah, wahai Tuhan kami. Limpahkan selawat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Dengan Berkah selawat sampaikanlah kami Berkunjung ke rumah-Mu yang mulia untuk menunaikan haji dan menziarahi makam Nabi-Mu dalam kelembutan ketentuan Ilahi. Dalam afiat, selamat sejahtera, tercapai segala yang dicita-cita. Limpahi juga selawat, salam dan keberkahan atas sekalian keluarga dan sahabat-nya. Amin”

Berdoalah pada waktu yang mustajab

Allah mengkhususkan waktu-waktu mustajab untuk berdoa, di antaranya adalah pada sepertiga malam terakhir dan sehabis salat fardu. Seperti yang tertuang dalam hadis yang diriwayatkan At-Tirmidzi:

Dari Abu Umamah, dia berkata; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah salat-salat wajib.” 
Paket Umroh Desember Travel Jakarta
Doa Orang Pergi Haji
Nah, di waktu-waktu mustajab inilah kita bisa sepuasnya “merayu” Allah agar Dia memudahkan semua urusan kita, termasuk memudahkan niat kita untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Berdoalah dengan penuh tawaduk, bersimpuhlah, dan bisikkan ayat-ayat mesra kepada Allah. Semoga kita semua diberi kesempatan untuk melihat Kakbah. Amin.
loading...
error: Content is protected !!